Seni Rupa Berdasarkan Fungsinya

Seni rupa adalah satu diantara cabang seni yang sangat di kenal serta disukai beberapa besar warga Indonesia. Beragam karya yang dibuat dari seni rupa ini tampak lebih menarik dibanding karya yang dibuat dari cabang seni yang lain. Sebagian karya itu umpamanya, lukisan, kaligrafi, patung, serta mozaik. Mengenai berdasar pada banyak hal, seni rupa dibedakan jadi sebagian jenis. Pada artikel ini, kita juga akan mengulas sekitar jenis macam seni rupa itu dengan lebih lengkap, supaya Anda tidak bingung mengkategorikan satu karya seni yang Anda jumpai nantinya

Beberapa Jenis Seni Rupa

Jenis jenis seni rupa bisa dibedakan berdasar pada wujudnya, masa, serta peranannya. Berdasar pada wujudnya karya seni rupa dapat dibedakan menjadi seni rupa 2 dimensi serta 3 dimensi, berdasar pada zamannya, seni rupa dibedakan jadi seni rupa kontemporer, seni rupa tradisionilserta seni rupa modern, sedangkan jika di nilaiberdasar pada peranannya, jenis macam seni rupa dibedakan menjadi seni rupa murni serta seni rupa terapan.

1.Berdasar pada wujudnya, seni rupa dibedakan jadi seni rupa 2 dimensi serta seni rupa 3 dimensi. Seni rupa 2 dimensi yaitu seni rupa yang wujudnya cuma terbagi dalam 2 dimensi, yakni dimensi panjang serta dimensi lebar. Contoh seni rupa 2 dimensi diantaranya lukisan, batik, sketsa, kaligrafi, serta seni contoh. Sedang seni rupa 3 dimensi yaitu seni rupa yang wujudnya terbagi dalam 3 dimensi, yakni panjang, lebar, serta tinggi atau kedalaman. Contoh seni rupa 3 dimensi umpamanya, patung, dekorasi, bangunan..

 

2. Berdasar pada Massanya

Berdasar pada masa atau saat timbulnya, seni rupa dibedakan jadi 3 jenis. Jenis jenis seni rupa itu diantaranya :

Seni rupa tradisionil atau disebut juga tradisional yaitu seni rupa yang di buat memakai ketentuan, pakem, atau alur yang spesifik. Karya seni ini di ciptakan dengan berkali-kali mirip bentuk aslinya serta tidak bisa dirubah apa pun argumennya. Oleh karna hal itu, jenis karya seni rupa yang satu ini berbentuk statis. Misalnya diantaranya patung dewa, tempat tinggal tradisi, senjata adat, serta baju tradisi dan adat.

Seni rupa moderen yaitu seni rupa yang keluar berdasar pada kreatifitas pembuatnya dalam membuat satu karya yang belum juga sempat ada terlebih dulu. Seni rupa moderen memprioritaskan prinsip pembaruan. Contoh seni rupa ini diantaranya berbentuk grafis, lukisan, karikatur digital, patung mozaik, serta kriya. Seni rupa kontemporer yaitu karya seni rupa yang kehadirannya begitu di pengaruhi saat dimana karya seni itu di buat.

Seni rupa kontemporer berbentuk kekinian. Kondisi serta keadaan saat karya itu di ciptakan begitu tergambarkan terang dari karya seni yang dibuat. Daya fantasi ataupun imajinasi dan juga keinginan pembuatnya adalah sebagian unsur yg tidak dapat dilepaskan dari sekitar lingkungan tempat serta saat karya seni itu di buat.

3. Berdasar pada Peranannya

Berdasar pada peranan serta manfaatnya, jenis macam seni rupa dibedakan jadi seni rupa murni serta seni rupa terapan.

Seni rupa murni yaitu karya seni rupa yang di buat berdasar pada maksud estetika semata. Pembuatnya memakai karya seni rupa ini untuk mengungkap inspirasi serta gagasannya tanpa ada batasan. Contoh karya seni rupa ini umpamanya lukisan, patung, kaligrafi.

Seni rupa terapan yaitu seni rupa yang di buat berdasar pada sebagian maksud praktis dalam kehidupan keseharian. Kita bisa memakai karya seni ini bukan sekedar menjadi pengindah sajatetapi sebagai pembantu dalam kesibukan kita. Contoh karya seni rupa terapan contohnya rumah adat, senjata tradisionil, keramik, arsitektur, dan lain-lain. Sekianlah kajian tentang beberapa macam seni rupa, baik berdasar pada bentuk, masa, ataupun berdasar pada peranan serta manfaatnya.

You can leave a response, or trackback from your own site.

Leave a Reply