Penjelasan Pengertian Seni Tari

Di dalam dunia pendidikan baik itu pendidikan disekolah, seni tari ini senantiasa di lestarikan dan di kembangkan hal ini terlihat dalam dunia pendidikan yang mana kita dapat melihat hal itu dimasukankedalam kegiatan extra curriculumsupaya anak-anak mengerti seni tari dan mau lebih lanjut untuk untuk mempelajarinya lebih jauh lagi. Untuk mengetahui lebih jelas mengenai apakah itu Pengertian seni tari mari simak penjelasan yang adaberikut ini.

Pengertian Seni Tari
Seni tari adalah satu gerak tubuh yang dengan memiliki irama yang dikerjakan di tempat dan saat khusus untuk kepentingan pergaulan, membuka perasaan, maksud dan fikiran. Bunyi-bunyian yang disebut adalah musik pengiring tari sebagai mengatur satu pergerakan penari dan memperkuat suatu maksud yang ingin di berikan. Pergerakan tari ini berbeda dari pergerakan keseharian yang seperti lari, jalan ataupun bersenam. Gerak di dalam tari merupakan tidaklah gerak yang realistis, namun gerak yang telah diberi satu bentuk ekspresif dan estetis. Satu tarian sesungguhnya ialah satu gabungan dari beberapa unsur, yaitu wiraga (raga), Wirama (irama), dan Wirasa (rasa). Ke-3 unsur ini melebur menjadi satu bentuk tarian yang seirama. Unsur paling penting dalam tari yakni satu gerak. Gerak tari selalu melibatkan satu unsur anggota tubuh manusia. Unsur-unsur anggota tubuh itu didalam akan tercipta dan membuat satu gerak tari yangdapat berdiri dengan sendiri, berhimpun ataupun bersambungan.

Beberapa Faktor seni tari

Bentuk
Satu tari pastinya dapat menemuan dan mewujudkan bentuk seninya sendiri jika penggalaman batin pencipta maupun penarinya dapat menyatu dengan beberapa penggalaman lahirnya sebagai wujud ungkapan, yaitu tari yang disajikan dapat menggetarkan perasaan atau emosi penontonnya atau kata lain, penonton merasa terkesan setelah nikmati pertunjukan tari.

Gerak
Yakni tenaga atau daya yang mencakup ruangan dan waktu
Gerak tari dibedakan atau di kelompokan menjadi 2 hal yang berbedda maupun artinya yaitu gerak murni dan maknawi

Berdasarkan pada bentuk tari dibedakan jadi dua, yaitu representasional dan non representasional :

-Tari representasional
-Tari non reprentasional,

Irama

Yakni Iringan dalam tarian yang bisa buat tampilan penari itu jadi makin bagus.
tiga kepekaan irama yang butuh dikuasai oleh seseorang penari.

-Kepekaan pada irama iringan

-Kepekaan pada irama gerak

-Kepekaan pada irama jarak

Manfaat Dari Tari

Jika di nilai dan di lihat dari manfaatannya tari juga dibedakan menjadi 2 yaitu sebagai untuk hiburan dan komunikasi :

Menjadi Hiburan : Sifatnya pencinta saja atau menghibur saja dan tidak memerlukan persiapan. Hiburan dapat berupa : tarian, music, banyolan.
Menjadi

Komunikasi : Yaitu lewat gerak yang ada padanya atau yang di tampilkan yang membawa misi untuk pesan tertentu agar bisa dipahami oleh penonton.

You can leave a response, or trackback from your own site.

Leave a Reply