Pengertian Seni Teater Secara Umum

Seni teater yaitu satu diantara tipe kesenian bersifat pertunjukan drama yang dipentaskan diatas panggung. Dengan khusus, seni teater yaitu satu seni drama yang menghadirkan tingkah laku manusia dengan gerak, tari, serta nyanyian yang dihidangkan lengkap dengan dialog serta akting beberapa pemainnya. Kata teater di ambil dari bahasa Yunani, theatron, yang berarti tempat atau gedung pertunjukan.

Arti ‘teater’ bisa disimpulkan dengan luas dan juga sempit. kalau di artikan Dengan cara luas, pengertian seni teater yaitu semua adegan akting serta peranan yang ditampilkan diatas panggung didepan banyak pemirsa. Misalnya ketopak, wayang, sintren, dagelan, akrobat.

Sedang di artikan dengan cara sempit, pengertian seni teater yaitu adegan mengenai perjalanan hidup seorang yang di buat demikian rupa hingga pantas untuk dipertontonkan pada khalayak umum diatas panggung pertunjukan serta didramakan sesuai sama naskah yang sudah di buat.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, teater merupakan :

gedung atau tempat pertunjukan film, sandiwara.

tempat yang besar dengan jejeran kursi-kursi ke samping serta ke belakang untuk mengikuti kuliah atau untuk peragaan ilmiah

pementasan drama jadi satu seni atau profesi ; seni drama ; sandiwara ; drama

Sedang teater seringkali dimaksud dengan juga drama serta menurut Kamus Besar Bhs Indonesia, drama yaitu :

komposisi syair atau prosa yang diinginkan bisa melukiskan kehidupan serta watak lewat perilaku (peranan) atau dialog yang dipentaskan

narasi atau cerita, terlebih yang melibatkan perseteruan atau emosi, yang spesial disusun untuk pertunjukan teater

peristiwa yang menyedihkan.

Tersebut adalah pengertian seni teater atau drama menurut beberapa pakar :

Moulton : cerita hidup yang dilukiskan berbentuk pergerakan.

Balthazar Vallhagen : kesenian yang menggambarkan sifat serta watak manusia dengan pergerakan.

Ferdinand Brunetierre : suatu kehendak yang dikerjakan dengan tindakan atau gerak.

Anne Civardi : cerita yang dikisahkan lewat kalimat serta pergerakan.

Budianta : genre sastra di mana tampilan fisiknya memerlihatkan dengan verbal ada pembicaraan atau dialog di antara beberapa tokoh yang ada.

Seni Handayani serta Wildan : bentuk karangan yang berdasar pada dua cabang kesenian, yaitu seni sastra serta seni pentas hingga drama dibagi dia, yakni drama berbentuk naskah tertulis serta drama yang dipentaskan.

You can leave a response, or trackback from your own site.

Leave a Reply